Selasa, 30 November 2010

C. Macam-Macam Siklus Hidrologi

  Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.
1.           Siklus Air Pendek / Siklus Kecil (Short Cycle)
Siklus ini terjadi jika air laut mengalami penguapan oleh sinar matahari, uap air tersebut naik dan membentuk awan kemudian mengalami kondensasi. Karena tidak dapat menahan beratnya sendiri, maka titik-titik air turun sebagai hujan yang terjadi dilaut.


2.          Siklus Air Sedang (Medium Cycle)
Siklus ini terjadi jika air laut mengalami penguapan oleh sinar matahari. Angin membawa uap air tersebut kearah daratan. Pada ketinggian tertentu uap air mengalami kondensasi sehingga terjadilah hujan di darat. Air hujan yang jatuh akan meresap kedalam tanah dan kembali kelaut.


3.        Siklus Air Panjang/ Siklus Besar (Long Cycle)

Siklus ini terjadi jika uap air laut mengalami kondensasi, uap air atau awan terbawa angin menuju daratan hingga pegunungan tinggi. Karena pengaruh suhu, uap iar berubah menjadi Kristal-kristal es atau salju kemudian jatuh sebagai hujan es atau salju yang membentuk gletser, mengalir masuk kesungai, dan akhirnya kembali kelaut.

3 komentar:

  1. trimkasih...sangat membantu tugas sma saya

    BalasHapus
  2. Daur Air akan berjalan sebagaimana mestinya, syaratnya adalah manusia mampu menjaga keseimbangan alam secara konsisten. Tidak ada pembakaran hutan, penebangan liar, pencmaran lingkungan dan perusakan ekosistem.

    BalasHapus
  3. Titanium Watch by Tipster Reviews - iTaniumArts
    View in full Titanium titanium hair trimmer as seen on tv Watch - TIARTS and other products microtouch titanium by Tipster, titanium hair dye Tipsters in the tipster 2017 ford focus titanium community provide information to tipsters that assist titanium trim reviews them with their betting

    BalasHapus